Penasaran Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja? Ini Yang Harus Anda Lakukan!

Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja – Program Kartu Prakerja yang diluncurkan Pemerintah menjadi program yang banyak diminati oleh warga negara Indonesia, terbukti dengan membludaknya pendaftar akun kartu Prakerja dari batch satu sampai yang terbaru batch empat yang rencananya akan dibuka pada bulan Mei 2020.

Menurut data yang dilansir dari Direktur Eksekutif Manajemen Kartu Prakerja sudah ada 680 ribu orang yang menerima manfaat dari program Kartu Prakerja dari gelombang 1 sampai gelombang 3.

Namun sayangnya tidak semua pendaftar langsung diterima, ada serangkaian proses yang harus dilalui oleh calon pendaftar. Dan bagi belum lolos pada gelombang 1 sampai 3 maka ada kesempatan untuk mendaftar lagi di gelombang 4.

Kenapa Ingin Menghapus Akun Kartu Prakerja?

Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja

Seiring dengan banyaknya peminat Kartu Prakerja ternyata tidak sedikit pula orang yang ingin menghapus akun Kartu Prakerja ini dengan berbagai macam dalih dan alasan.

Menurut teknotikus ada beberapa alasan kenapa orang ingin menghapus akun Kartu Prakerja, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Takut data pribadi disalahgunakan
  2. Kecewa karena tidak lolos pada pendaftaran Kartu Prakerja batch 1 sampai 3
  3. Terdapat kekeliruan data pada akun, bisa berupa nama lengkap, email atau rekening bank
  4. Di dashboard akun tidak tersedia pilihan gabung gelombang 4 (bagi yang belum berhasil lolos) sehingga ingin membuat akun baru.

Langkah Menghapus Akun Kartu Prakerja

Nah apakah diantara 4 alasan diatas ada yang cocok dengan apa yang anda pikirkan? Jika iya bisa dilanjut dengan cara menghapus akun Kartu Prakerja.

Untuk menghapus akun Kartu Prakerja sebenarnya sangat simpel ikuti langkah langkah dibawah ini untuk menghapus akun Kartu Prakerja.

Baca Juga:  Inilah Cara Pembayaran Tiket KAI Access Melalui LinkAja!

Sebelum masuk ke tutorial cara menghapus akun Kartu Prakerja berikut teknotikus cantumkan kebijakan privasi yang ada di website Prakerja, berikut kutipannya:

“Anda dapat meminta kami untuk melakukan penghapusan atas Data Pribadi Anda dari sistem elektronik kami dan/atau menarik persetujuan Anda hanya apabila Data Pribadi Anda sudah tidak relevan untuk diproses oleh kami sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan tetap memperhatikan Pasal 5.6 Kebijakan Privasi ini, permintaan penghapusan Data Pribadi dan/atau penarikan persetujuan tersebut hanya dapat disetujui apabila menurut penilaian kami, Data Pribadi Anda memang sudah tidak relevan lagi untuk diproses oleh kami.

Kami akan memproses permintaan Anda dalam waktu yang wajar dari permintaan penghapusan Data Pribadi Anda dan/atau penarikan persetujuan tersebut diterima oleh kami, dan selanjutnya tidak akan memproses Data Pribadi Anda dengan cara yang dinyatakan dalam permintaan Anda, kecuali ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengizinkan kami untuk melakukannya.” Sumber

Dari pemaparan kebijakan privasi yang tertuang dalam website Prakerja bisa diambil beberapa poin kesimpulan sebagai berikut:

  1. Anda hanya bisa menghapus akun Kartu Prakerja setelah mengirimkan permintaan penghapusan akun ke admin website Kartu Prakerja, layangkan permintaan penghapusan akun prakerja ke alamat email info@prakerja.go.id dengan isi email permintaan penghapusan akun
  2. Akun anda dapat dihapus bilamana sudah tidak relevan lagi untuk diproses
  3. Jika proses permintaan penghapusan akun disetujui maka akan diproses dalam waktu yang wajar sejak anda meminta penghapusan akun.

Bagaimana sudah mulai paham ya alur menghapus akun kartu prakerja?

Lantas bagaimana jika sudah mengirim permintaan penghapusan akun tapi tidak dikabulkan? Jika tidak disetujui kemungkinan akun anda masih dianggap relevan dan berpeluang masuk ke gelombang berikutnya.

Kesimpulan

Kartu Prakerja adalah program terobosan yang sangat baik dari pemerintah, sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari kartu Prakerja ini.

Banyak rekan admin teknotikus yang mendapatkan kartu Prakerja dan mendapatkan sejumlah uang setiap bulannya.

Kartu Prakerja dirilis untuk mempersiapkan masyarakat agar siap bekerja dan bersaing di industri kerja Indonesia.

Meskipun demikian ternyata masih banyak orang yang tidak lolos dalam penjaringan kartu Prakerja mulai dari batch 1 sampai 3. Dan dalam trentang waktu tersebut banyak pula yang ingin menghapus akun prakerja dengan berbagai macam pertimbangan.

Bagi anda sahabat teknotikus yang ingin menghapus akun prakerja harus mengirimkan permintaan penghapusan akun ke alamat email info@prakerja.go.id

Selamat mencoba dan semoga berhasil 😉

Bagikan Artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *